Jenis-Jenis Kain Seragam

15 Januari 2014

jenis - jenis kain seragam

Jenis-Jenis Kain Seragam

 Jenis-Jenis Kain Seragam

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah pakaian kerja . Ya, pakai merupakan hal wajib yang harus dikenakan oleh manusia. Selain sebagai pelindung tubuh dari sinar matahari, pakaian juga mencerminkan dan memperindah tubuh kita.

 

Pertumbuhan teknologi yang semakin cepat juga sama hal dengan pertumbuhan mode-mode dan tren pakaian. Setiap hari ada saja mode-mode baru yang menampilkan keindahannya. Hal ini juga tak kalah dengan perkembangan trend seragam kantor.

 

Mungkin saat ini anda telah melihat sendiri bagaimana trend busana kantor telah mengalami perubahaan. Hal ini juga diakibatkan oleh kebebasan dari pihak kantor untuk pegawainya dalam hal berbusana kantor. Dalam mempertimbangkan busana kantor tentunya tidak gampang memilih busana. Hal ini sangat penting jika kita menjadi sebuah pandangan bagi klien kita dan tentunya bagi kredibilitas kantor kita. Oleh karena itu pemilihan seragam kantor harus dipertimbangkan betul.

 

Pemilihan seragam kantor tak lepas dengan bahan apa yang akan digunakan, sehingga hal ini juga menentukan hasil dari seragam kerja nantinya.

 

Nah, berikut ini ada beberapa jenis kain berdasarkan dari proses pembuatannya.

 

A. Kain dengan proses pembuatan dengan cara di tenun.

1. Kain Polo shirts / Plat / Plain

Kain dengan anyaman seperti ini paling sering di gunakan karena permukaan kain rata, selain itu anyamannya memiliki pola naik turun antar benangnya, bagian depan serta belakangnya terlihat hampir sama, kain dengan tenunan yang memiliki jenis ini mempunyai daya mengkeret lebih besar dari pada dengan tenunan lainnya, dan tingkat sobeknya rendah. Kain jenis ini sering digunakan untuk kemeja kantor, kemeja PDH, Jas, blazer dll.

 

2. Kain drill / Twill

Kain drill memiliki permukaan kain yang terlihat garis garis diagonal, permukaan kain antara sisi depan dan belakang berbeda, tenunannya cenderung lebih rapat dan kuat. Kain drill ini tahan kusut dan lebih lembut. Untuk pembuatan seragam kerja, kain jenis ini sebaiknya digunakan untuk membuat kemeja lapangan, kemeja sales, kemeja mekanik, jaket, celana dll.

 

3. Kain Satin

Kain satin memiliki permukaan yang rata dan licin, berkilau karena jenisnya dapat memantulkan cahaya, karena floatnya panjang kain jenis ini mudah putus jika di tarik/ tidak kuat, walaupun tenunannya rapat dan ketahan gosoknya rendah. Kain dengan jenis ini lebih sering di gunakan untuk pembuatan gaun- gaun, kain pelapis / puring, kain penghias rumah dll.

 

B. Kain dengan proses di Rajut.

 

1. Kain Rajut Polos / Single Knit

Kain jenis ini emiliki permukaan kain yang rata, bagian atas dan bawah kain ini berbeda. Kain jenis ini juga memiliki sifat strech ke arah panjang dan lebar. Pada permukaan kain bagian atas terlihat jeratan kanan dan pada bagian bawahnya terlihat jeratan kiri,bila di potong bagian pinggir kain cenderung menggulung serta jeratan kain mudah lepas bila benang rajut putus. Kain jenis ini sering di pakai sebagai kaos oblong, kaos promosi, kaos santai, poloshirt dll.

 

2. Kain Rajut Rib

Kain jenis ini memiliki dua muka bagian atas dan bawah terlihat sama, daya elastisitas cenderung besar, strech kearah lebar dan panjang. Kain Rib ini sering di gunakan untuk membuat Rib leher, manset tangan, hem bawah pada bahan rajut, pembuatan sweater dll.

 

3. Kain Rajut Rangkap / Double knit (DK)

Kain ini memiliki permukaan atas dan bawah sama, kuat dan struktur kain rapat, ketahanan dan stabilitasnya juga baik, tidak mudah melentur, tidak bergelombang pada bagian awal rajutan maupun potongan kain. Kain jenis ini biasanya sering di pakai untuk membuat seragam olahraga, baju bayi, kaos oblong fashion dll.

 

Silahkan hubungi kami untuk konsultasi masalah bahan kain seragam anda.



Baca juga
  »
30 April 2015
Seragam pengamanan stelan pakaian dinas harian (PDH) lengan panjang
Seragam pengamanan stelan pakaian dinas harian (PDH) lengan panjang

  »
17 April 2015
Harga Baju/ Pakaian Kerja Lapangan
Harga Baju/ Pakaian Kerja Lapangan

  »
8 April 2015
SYARAT-SYARAT TEKNIS PEKERJAAN PENGADAAN PAKAIAN DINAS UNTUK ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA BARAT
SYARAT-SYARAT TEKNIS PEKERJAAN PENGADAAN PAKAIAN DINAS UNTUK ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN ANGGARAN 2015

  »
26 Maret 2015
Penawaran Pekerjaan Belanja Pakaian Kerja Lapangan
Penawaran Pekerjaan Belanja Pakaian Kerja Lapangan

  »
10 Februari 2014
Pabrik Seragam Kerja di Jakarta
Pabrik Seragam Kerja di Jakarta